teknologi informasi dan manjemen



apa pentingnya belajar teknologi informasi bagi jurusan manajemen
baik langsung saja disini saya akan membahas apa itu manajemen ,fungsinya serta bagaimana peran teknologi informasi bagi bidang studi manajemen, khususnya bagi seorang manajer dalam menjalankan fungsinya .

manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain , secara umum manajemen juga dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu  yang  mengajarkan tentang proses untuk memperoleh tujuan organiasas melalui upaya bersama dengan sejumblah orang atau sumber - sumber milik organisasi, ini berarti bahwa  seorang manjer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

fungsi Manajemen terdiri atas 4 fungsi yang utama manajemen, yaitu :
  1. Planning ( fungsi perencanaan )
  2. Organizing ( fungsi pengorganisasian)
  3. Directing ( pengarahan )
  4. Controlling ( pengendalian )
Didalam perusahaan, untuk memperoleh hasil manajemen secara maksimal, para manajer didalam perusahaan haruslah mampu menguasai seluruh fungsi manajemen yang ada. maka dari itu seorang manajer harus mempunyai alat bantu dalam menjalankan fungsinya

Teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputerisasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, dan memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat, dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan. Selain itu, teknologi informasi ini dimanfaatkan untuk pengambilan keputusan bagi seorang manajer . mengapa demikian ?

dalam suatu kegiatanm organisasi / bisnis banyak sekali kegiatan-kegiatan transaksi maupun non transaksi yang harus di susun sesuai tempatnya , maka disini teknologi informasi khususnya komputerisasi membantu seorang manajer maupun staf non manajemen menyusun semua kegiatan organisasi/ bisnis .agar tersusun, tersimpan dan terproses sesuai tempatnya, yang mana data data dalam kegiatan bisnis ini berguna untuk mengetahui kondisi suatu organisasi/ bisnis yang dimanfaatkan untuk menentukan dan mengambilan keputusan bagi seorang manajer.

Komentar